Sandi: Rumah DP Nol Persen Tinggal Tunggu Pergub

Eramuslim.com -Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyebut program DP 0 persen telah dinyatakan siap untuk dijalankan hanya saja perlu dibuat Peraturan Gubernur (Pergub). Skema DP 0 persen itu telah disepakati bersama Bank DKI.

“Hanya membutuhkan Pergub, yang rencananya juga bisa dijadikan landasan untuk mendapatkan pengecualian dari Bank Indonesia, dan dilihat tentunya dari segi lokasinya ada di mana bentuk, bentuk financing-nya seperti apa, nanti kebijakan diambil seperti apa,” ujar Sandi di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (15/10).

Sandi menuturkan Pergub itu sudah dalam penggodokan tim biro hukum. Nanti akan diusahakan bisa diberikan pengecualian dari aturan BI untuk menjalankan program tersebut.

“Ada pengecualiannya, jadi di BI itu ada pengecualian harus mengacu pada prudent banking,” kata Sandi.

Sandi sendiri menargetkan skema pembayaran itu selesai digodok awal Desember mendatang. Sehingga awal tahun ini sudah bisa dimulai.

Untuk masalah lahan peruntukkan hunian, kata dia, telah diselesaikan oleh Dinas Perumahan. Meski begitu ia enggan membocorkannya ke publik.

“Kelihatannya sudah teratasi, oleh Kadin perumahan. Saya enggak mau apa namanya membocorkan rencana beliau. Tetapi beliau sudah presentasikan ada potensi luncurkan dalam waktu beberapa minggu ke depan,” tukasnya. (kl/mdk)