Sandiaga Santai Respon Pidato Berapi-Api Jokowi

Eramuslim.com – Capres petahana Joko Widodo (Jokowi) berpidato berapi-api saat menghadiri deklarasi dukungan dari sejumlah alumni universitas kemarin. Jokowi menegaskan pentingnya pengalaman di pemerintahan, jika tak ada menurutnya jangan coba-coba.

Awalnya, Jokowi menceritakan pengalamannya memimpin Kota Solo saat menjadi wali kota. Jokowi di awal pemerintahannya sempat terkaget karena manajemen pemerintahan berbeda dengan dunia usaha. Ia butuh waktu 1,5 tahun untuk ‘nyetel’.

“Saya banyak terkaget-kaget, saya harus banyak belajar, saya di awal betul-betul pusing karena belum memiliki pengalaman di pemerintahan. Itu yang saya sampaikan di awal lagi, diperlukan pengalaman dalam pemerintah. Apalagi sebuah negara yang besar, seperti Indonesia ini. Jangan coba-coba dong,” ujar Jokowi dalam acara deklarasi alumni sejumlah universitas di Plaza Tenggara GBK Senayan, Jakarta, Sabtu (12/1).

Jokowi lalu menceritakannya pengalamannya memimpin periode keduanya di Solo, Jokowi sudah menemukan ritme bekerja. Saat itu ia mendapat suara di atas 90 persen. Pengalaman berikutnya, Jokowi ‘naik kelas’ menjajal Pilgub DKI 2012. Jokowi menang dan menjadi gubernur sampai 2014.

Kemudian Jokowi mencoba maju Pilpres 2014 berbekal pengalamannya memimpin Solo dan Jakarta. Jokowi lalu berbicara pentingnya pengalaman dalam pengelolaan negara.