free hit counters
 

Saudi Keluarkan Larangan Selfie di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Redaksi – Sabtu, 20 Rabiul Akhir 1443 H / 27 November 2021 07:50 WIB

Jamaah Haji. FOTO: SISKOHAT FOR FIN

eramuslim.com  – Pemerintah Arab Saudi resmi mengeluarkan aturan larangan foto selfie, fotografi, dan videografi di Masjidil Haram, Makkah dan Masjid Nabawi, Madinah. Hukuman pelanggaran yang ketat foto selfie tersebut akan dipertimbangkan jika ada yang melanggar aturan.

Menurut laporan resmi, mengambil gambar di dalam kedua masjid itu atau di sekitar tempat-tempat suci ini akan dianggap sebagai pelanggaran.

“Alasan di balik larangan videografi dan fotografi itu untuk menjamin kehormatan dan martabat tempat-tempat suci tersebut,” kata salah seorang Pejabat Arab Saudi,.

Berikut 5 fakta terkait larangan foto selfie, fotografi, dan videografi di Masjidil Haram, Makkah dan Masjid Nabawi, Madinah:

1. Untuk Jaga Martabat

Pemerintah Arab Saudi kini telah resmi melarang selfie, fotografi, dan videografi di Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Larangan tersebut diberlakukan untuk menjaga martabat tempat-tempat tersebut. Hukuman pelanggaran yang ketat akan dipertimbangkan jika ada yang melanggar aturan tersebut.

2. Sama Sekali Tak Diizinkan

Menurut laporan resmi, mengambil gambar di dalam kedua masjid itu atau di sekitar tempat-tempat suci ini akan dianggap sebagai pelanggaran.

Tidak seorang pun akan diizinkan untuk selfie, berfoto atau merekam video. Aparat keamanan akan memastikan bahwa tidak ada yang akan melanggar hukum itu dari ponsel atau kamera dan akan segera ditangkap.



3. Ganggu Ibadah Orang Lain

Pejabat Arab Saudi menjelaskan alasan di balik larangan videografi dan fotografi dengan mengatakan, langkah ini diambil untuk menjamin kehormatan dan martabat tempat-tempat suci tersebut.

Sebagian besar peziarah membuang waktu mereka untuk mengambil gambar dan video baru kemudian berdoa. Dijelaskan, ini tidak hanya tidak menghormati tempat tetapi juga mengganggu ibadah orang lain.

 

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Berita Nasional Terbaru