Sebaiknya Persidangan Ahok Disiarkan Live, Biar Masyarakat Menilai

Eramuslim.com – Persidangan perdana kasus dugaan penistaan agama yang melibatkan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan digelar pagi ini.

Persidangan tersebut sebaiknya disiarkan langsung atau live oleh televisi, layaknya persidangan kasus kopi sianida dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso.

“Ya sebaiknya persidangan harus terbuka biar masyarakat Indonesia bisa menilai apakah benar-benar Ahok itu melakukan penistaan agama atau tidak,” jelas Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Arief Puyuono kepada wartawan, Senin (12/12).

ahok-siap-masuk-penjara

Sidang berjalan terbuka dan disiarkan langsung di televisi pun menurutnya sangat bagus karena bisa menghindari kecurigaan terhadap proses persidangan kepada Majelis Hakim.

“Jika sidang terbuka maka majelis hakim juga tidak bisa main-main dalam memberikan putusan dan vonis terhadap Ahok,” jelasnya.

Sidang terbuka dan live menurutnya juga akan membuat masyarakat bisa menerima apapun hasil keputusan vonis hakim jika memang sidang berjalan fair dan adil.

“Artinya semua pihak nanti jika sidang Ahok terbuka dan berjalan fair dan adil maka semua pihak dimasyarakat harus legowo juga terhadap apapun hasil dari putusan sidang Ahok,” pungkasnya. (yk/rmol)