Selama 2017, Kerugian Akibat Kemacetan Tembus Rp.100 TRILIUN

Eramuslim.com – Kerugian yang timbul akibat kemacetan lalu lintas yang terjadi di Jabodetabek selama 2017 menembus angka sekira Rp100 triliun.

Menurut Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono sesuai hasil dari perhitungan Bappenas, disebutkan kerugian akibat kemacetan yang terjadi di DKI Jakarta saja mencapai Rp67,5 triliun.

“Sementara kerugian yang dialami di wilayah Jabodetabek mencapai Rp100 triliun per tahun,” ungkap Bambang di Jakarta, Minggu (3/12).

Oleh sebab itu, Bambang menjelaskan pihaknya berkerjasama dengan pemerintah daerah dan pihak terkait lainnya telah mempersiapkan berbagai terobosan yang harus dilaksanakan secepatnya untuk mengurangi kerugian tersebut.

Sejumlah terobosan kata dia telah disiapkan oleh BPTJ dan terus dikomunikasikan dengan pemerintah daerah di Jabodetabek.

Kini, lanjut dia Jabodetabek memiliki sejumlah permasalahan seperti tingkat kemacetan yang tinggi di mana rasio volume kendaraan dibandingkan dengan kapasitas jalan sudah mendekati 1.

Kondisi itu kata dia membuat jalan lebih mudah macet ketika terdapat sedikit gangguan seperti penurunan kecepatan pengguna jalan.

Kemudian, sepeda motor di jalanan semakin dominan sementara peran angkutan umum masih rendah. Menurut Bambanh, penggunaan angkutan umum di Jakarta baru 19,8% dan di Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek) baru 20%.