Setara Institute: Rusuh Manokrawi karena Politik Rasial Dipelihara Negara

Eramuslim.com – Direktur Eksekutif Setara Institute, Ismail Hasani, menilai unjuk rasa berujung rusuh di Manokrawi, Papua Barat kemarin, Senin (19/8) adalah hal wajar. Peristiwa itu adalah bentuk pernyataan sikap dan kebebasan berekspresi serta perlawanan warga Papua terhadap dehumaninasi berkepanjangan.

“Meskipun aksi pembakaran sejumlah gedung tidak dapat dibenarkan, tetapi aksi tersebut menggambarkan tentang bagaimana politik rasial yang dipelihara negara menimbulkan bahaya berkelanjutan,” kata Ismail dalam keterangan pers, Selasa (20/8).

Menurut Ismail, rentetan kekerasan, diskriminasi hingga intimidasi yang diterima oleh mahasiswa Papua di beberapa daerah dalam sepekan terakhir mencederai kemanusiaan dan HAM. Sejumlah mahasiswa Papua yang berencana melakukan aksi unjuk rasa di Malang menghadapi pengadangan, tindak kekerasan, dan pemaksaan oleh masyarakat, aparat, maupun pemerintah Kota Malang.

Hal ini terjadi di Surabaya dengan penyerbuan asrama Papua oleh aparat kepolisian, TNI, dan Pol PP. Aksi ini menyebabkan penangkapan 43 mahasiswa Papua yang belum terbukti bersalah ditangkap walau sudah dibebaskan.

Berkaca dari kasus Jawa Timur, Setara Institute mengecam tindakan kekerasan terhadap warga negara yang menyampaikan aspirasi dan ekspresi politik. Pelanggengan rasialisme dan stigmatisasi menjadi akar rantai kekerasan yang berulang kali dialami oleh masyarakat Papua, baik secara struktural, kultural, maupun langsung.