Hebat! Negeri Dengan Garis Pantai Terpanjang di Dunia Impor Garam Tanpa Batasan

Eramuslim – Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menegaskan pemerintah telah mengeluarkan izin impor garam. “Impor garam industri sudah jalan. Sudah keluar,” katanya usai menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2017 di Grand Sahid Jaya Hotel, Kamis (27/7).

Kuota impor yang diizinkan pun tidak lagi ada batasan. Hal itu mengingat besarnya kebutuhan garam saat ini. Namun, Enggar tidak mengetahui pasti berapa total kebutuhan garam industri secara nasional. “(Besaran impor, Red) sesuai dengan ketentuannya, rekomendasinya dari KKP,” lanjut dia.

Enggar mengatakan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang mengetahui kondisi produksi garam nasional. Sebelumnya Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan mengatakan, ada tim peninjau di bawah KKP yang dikerahkan untuk memastikan kebutuhan garam industri dan keberadaan stok garam Tanah Air.

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari adanya over suply. Mengingat dalam waktu dekat akan memasuki musim panen garam.

Seperti diketahui, beberapa hari terakhir ini garam mengalami kelangkaan dan membuat harganya melonjak di sejumlah daerah. (SI/Ram)

Sungguh miris, Indonesia adalah negara terpanjang garis pantainya di dunia, tapi impor garam, tanpa batasan pula. Inilah prestasi hebat dari pemerintahan Jokowi!