Setelah Nyanyikan “Indonesia Raya” Ust. Somad Akhirnya Boleh Ceramah di Bali

Eramuslim.com – Setelah negosiasi yang alot, akhirnya Ustaz Abdul Somad diizinkan untuk menggelar safari dakwah di Pulau Bali. Massa memberikan izin setelah penceramah itu mau menyanyikan lagu Indonesia Raya, sesuai permintaan massa.

Lagu Indonesia Raya dinyanyikan Ustaz Abdul Somad di hadapan pendemo. Meski berada di bawah tekanan massa, terlihat Ustaz Abdul Somad begitu khidmat menyanyikan lagu kebangsaan itu. Usai menyanyikan lagu Indonesia Raya, Ustadz Abdul Somad memekikkan kalimat, ‘NKRI harga mati’.

Menurut Kapolresta Denpasar, Komisaris Besar Hadi Purnomo, apa yang terjadi di Bali saat ini sesungguhnya hanyalah karena tidak terjalinnya komunikasi yang baik massa dengan Ustaz Abdul Somad.

“Itu miss komunikasi saja. Tadi kita sudah cairkan dan clear semua,” ujar Hadi di Hotel Aston Denpasar, Jumat 8 Desember 2017.

Hadi mengatakan, massa terprovokasi informasi yang berkembang di media sosial mengenai sepak terjang Ustaz Abdul Somad.

“Tadi ustaz juga berjanji akan memberi ceramah yang menyejukkan mengenai keberagaman dan perbedaan,” ujarnya.

Hadi menilai massa termakan kabar bohong lantaran menyebut Ustaz Abdul Somad tak pro kepada NKRI. “Tadi buktinya beliau ikut menyanyikan lagu Indonesia Raya. Saya yakin beliau NKRI seratus persen,” katanya.

Hadi meminta kepada semua pihak untuk tetap tenang menyikapi persoalan ini. “Ini isunya menjurus SARA. Semua harus menyikapinya dengan bijak. Sudah clear semua, Ustaz Abdul Somad dipersilakan safari dakwah di Bali,” kata Hadi.(kl/vi)