Setnov Sebut Cagub Jawa Tengah Dari PDIP Juga Terima Uang Korupsi e-KTP

Eramuslim – Kasus dugaan korupsi KTP-el terus memanas. Setelah menyebut nama Puan Maharani dan Pramono Anung, Setya Novanto kini menyebut beberapa nama lain yang menerima uang sebesar 500 ribu dolar AS, termasuk Cagub Jawa Tengah dari PDIP, Ganjar Pranowo.

Menurut Novanto, nama-nama ini terungkap dari pernyataan Andi Agustinus alias Andi Narogong pada akhir 2011 di kediamannya.

“Pada akhir 2011, Andi Narogong telah menyampaikan beberapa realisasi yang disampaikan. Pertama, memberikan uang ke beberapa orang dewan,” ujar Novanto di persidangan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Kamis (22/3).

Novanto kemudian membeberkan jumlah dan kepada siapa saja uang-uang tersebut diberikan. Uang tersebut diberikan kepada mantan ketua Komisi II DPR RI Chairuman Harahap, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Melchias Marcus Mekeng, Tamsil Linrung, dan Olly Dondokambey. Mereka diberi uang sebesar 500 ribu dolar AS.

“Untuk Ganjar sudah dipotong oleh Chairuman. Untuk kepentingan pimpinan Banggar sudah disampaikan juga ke Melchias Mekeng 500 (ribu dolar AS), Tamsil Linrung 500 (ribu dolar AS), Olly Dondokambey 500 (ribu dolar AS) di antaranya melalui Irvanto,” ujar Novanto menjelaskan.