Siang Ini Raja Salman Datang, Sejumlah Ruas Jalan Ditutup

Eramuslim.com – Menyambut kedatangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulazis al-Saud di Indonesia, persiapan pengamanan mulai dilakukan, termasuk pengamanan lalu lintas di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Kasubdit Gakkum Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan, saat Raja Salman tiba di Bandara Halim Perdanakusuma yang diperkirakan siang ini, pihaknya akan melakukan penutupan jalan, sehingga jalur yang akan dilewati Raja Salman akan lancar dan aman.

“Untuk pengaturan di wilayah Jakarta, sesuai protap Tamu Negara setingkat Kepala Negara prioritas dan steril. Pada saat melewati simpang arus yang berlawaman dan menimbulkan crossing akan kita tutup,” ujar Budiyanto kepada Republika.co.id (28/2).

Dengan berbagai persiapan yang telah dilakukan, Budiyanto pun memastikan perjalanan Raja Salman ke beberapa tempat di Ibu Kota akan berlangsung aman. “Jalan yang akan dilewati kita pastikan aman tidak ada hambatan, rintangan yang dapat mengganggu perjalanan,” kata Budiyanto.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono juga mengatakan, untuk pengamanan di Jakarta polisi akan berada di ring empat pengamanan untuk menjaga rute dan jalur yang akan dilewati Raja Salman. “Nanti kepolisian ada di ring empat, artinya bahwa polisi di luar lokasi sama di jalur. Ini nanti masih dikoordinasikan kembali rute-rute yang akan dilalui mulai dari Halim, rencana akan ke Istana Bogor dan kembali ke Jakarta,” kata Argo kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya.

Seperti diketahui, Raja Salman dijadwalkan akan berkunjung ke Indonesia pada 1 hingga 9 Maret 2017. Dalam kunjungannya tersebut, Raja Salman akan berada di Jakarta pada tanggal 1 hingga 3 Maret dan tanggal 4 hingga 9 Maret berlibur ke Bali.(jk/rol)