Siapa Elite PDIP yang Ingatkan Gatot Nurmantyo Soal Film G30S/PKI?

Eramuslim.com – Eks Panglima TNI Gatot Nurmantyo mengungkap curahan hati mengejutkan. Gatot mengungkap pencopotannya dari Panglima TNI pada tahun 2017 silam karena ada kaitan dengan imbauannya menonton G30SPKI.

Gatot menyebut ada seorang sahabat di PDIP yang mengingatkannya agar tidak melanjutkan anjuran menonton film G30SPKI. Kalimat yang bernada ancaman pemecatan dari Panglima TNI disampaikan Gatot dengan jelas, namun tanpa menyebutkan siapa tokoh di balik suara itu.

“Pada saat itu, saya punya sahabat dari salah satu partai, saya sebut saja partai PDI, menyampaikan, ‘Pak Gatot, hentikan itu, kalau tidak pasti Pak Gatot akan diganti’,” kata Gatot Nurmantyo melalui Youtube, Rabu (23/9/2020).

Gatot tidak mengindahkan peringatan itu. Dia tetap melanjutkan perintah untuk nonton bareng film yang tengah jadi kontroversi kala itu. “Saya bilang terima kasih, tapi di situ saya gas karena ini adalah benar-benar berbahaya. Dan memang benar-benar saya diganti,” sebut Gatot.

Gatot Nurmantyo lantas mengenang kala dirinya benar-benar dicopot dari jabatan Panglima TNI. Sertijab Panglima TNI dari Gatot Nurmantyo ke Marsekal Hadi Tjahjanto berlangsung pada Desember 2017.

Lantas siapa gerangan elite PDIP yang dimaksud Gatot?

Di saat-saat akhir sebelum penggantian Panglima TNI, arahan Gatot soal nobar film G30S/PKI itu menjadi kontroversi. Kala itu sejumlah anggota Komisi I DPR merespons isu itu, salah satunya anggota Komisi I DPR dari PDIP Effendi Simbolon.