Sikap TNI Pasca Mantan Jenderal Mengajak Bangkit: Bergerak, Berubah atau Punah

Eramuslim.com – Jenderal Besar Raden Soedirman adalah seorang perwira tinggi Indonesia pada masa Revolusi Nasional Indonesia. Menjadi panglima besar Tentara Nasional Indonesia (TNI) pertama, ia sangat dihormati di Indonesia maupun dunia internasional.

Jenderal Sudirman pernah berucap: ”Tentara hanya memiliki kewajiban satu, ialah mempertahankan kedaulatan Negara dan menjaga keselamatannya, sudah cukup kalau tentara teguh pegang kewajiban ini, lagi pula sebagai tentara, disiplin harus dipegang teguh (Yoyakarta, 12/11/1945).

Sumpah Prajurit : “Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945”

Tribrata Polisi : “Menjunjung tinggi kebenaran, keadilan dan kemanusiaan dalam menegakkan hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Tekad para mantan Jenderal di Harkitnas, Minggu (20/5/2018) di Gedung Konvensi TMPN Kalibata, tidak terlepas dari sumpah, ikrar dan pesan Jenderal Sudirman tersebut. Jiwa dan tekad keprajuritannya tetap sama, masih berkobar-kobar.