Singgung Menko yang Ingin Ubah Konstitusi, Anies Kini Mulai Berani Senggol Luhut?

Singgung Menko yang Ingin Ubah Konstitusi, Anies Kini Mulai Berani Senggol Luhut?

Eramuslim.com – Pengamat politik Rocky Gerung membocorkan sosok siapa yang dimaksud bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan yakni Anies Baswedan.

Dalam suatu kesempatan, Anies sempat menyinggung ada menteri koordinator yang ingin mengubah konstitusi Indonesia.

Menurut Rocky, sosok yang disenggol Anies mengarah pada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yakni Luhut Binsar Pandjaitan.

Itu karena, Luhut merupakan sosok yang menggaungkan perpanjangan masa jabatan presiden 3 periode dan segala macam yang berpotensi mengubah konstitusi.

“Orang pasti menduga-duga dan dugaan itu mengarah pada Pak Luhut pasti itu, lebih mudah, kita cuma menduga aja karena ritmenya kan dari awal begitu, soal 3 periode segala macam,” ujar Rocky, dikutip WE NewsWorthy dari kanal YouTube pribadi pada Jumat (17/3/2023).

Namun, Rocky meyakini ada konteks tertentu di balik pernyataan Anies soal pengubahan konstitusi itu. “Tapi ini kan pernyataan politik dan tentu di belakangnya ada konteksnya, apa konteksnya, Anies mengucapkan mengubah konstitusi itu,” ujarnya.

Tetapi ahli filsafat ini juga meyakini bahwa konteksnya pasti terkait penundaan Pemilu yang belakangan ramai lagi terdengar.

“Tentu kata khusus di bawah di istana dan semua kita dengar, dan mau kita yakinkan bahwa konteksnya pasti soal penundaan gitu yang terus-menerus di selenggarakan diupayakan oleh istana,” sambungnya.

Upaya menunda Pemilu masuk kategori pengubahan konstitusi lantaran semestinya Pemilu dilakukan secara rutin 5 tahun sekali.

“Dan penundaan itu karena konstitusi kita mengatakan secara periodik harus ada pemilihan 5 tahun sekali, itu artinya masti ada perubahan di situ,” pungkas Rocky.

Sumber: newsworthy

Beri Komentar