Soal Disebut ‘Lord’, Luhut Ungkapkan Perasaannya di Sidang: Saya Sakit Hati

Luhut di Sidang: Saya Sakit Hati Disebut Lord!

eramuslim.com – Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan rasa kesalnya saat disebut oleh Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanty memiliki bisnis tambang di Papua. Pernyataan tersebut diucapkan oleh Luhut saat bersaksi di sidang kasus pencemaran nama baiknya di Pengadilan Negeri Jakarta Timur pada hari Kamis (8/6/2023).

“Saya jengkel sekali saya dituduh sebagai punya bisnis di Papua yang saya tidak pernah melakukan itu,” kata Luhut.

Luhut merasa sakit hati atas hal itu. Dia juga merasa tidak senang disebut ‘lord’ oleh Haris dan Fatia.

“Kemudian saya disebut lord dan penjahat itu menurut saya kata-kata yang sangat menyakitkan saya punya anak buah gugur di daerah operasi banyak dan saya dibilang penjahat itu sangat menyakitkan hati saya Yang Mulia,” ujar Luhut.

Pengacara Protes soal Catatan

Sebelumnya, anggota tim kuasa hukum Haris dan Fatia memprotes Luhut Binsar Pandjaitan yang selalu menengok catatan saat diperiksa sebagai saksi di sidang.

Berawal ketika jaksa penuntut umum (JPU) melayangkan pertanyaan kepada Luhut yang duduk di kursi saksi. Pertanyaan jaksa perihal awal mula Luhut melaporkan Haris dan Fatia ke Polda Metro Jaya.

Luhut kemudian menceritakan kronologi pelaporan Haris dan Fatia. Tim kuasa hukum Haris-Fatia tiba-tiba menginterupsi jawaban Luhut itu, namun ditegur oleh hakim.

“Izin Yang Mulia, Izin Yang Mulia,” ujar pengacara Haris-Fatia di ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim), Kamis (8/6/2023).

“Saudara jangan menyela dulu ini masih bertanya, nanti ada kesempatan, tolong jangan ketertiban persidangan ini,” kata Ketua Hakim Cokorda Gede Arthana sambil mengetuk palu sidang satu kali.

“Kalau saudara menggangu persidangan silakan di luar saja,” imbuh pengacara Haris-Fatia.

Tim hukum Haris-Fatia memprotes Luhut yang selaly menengok catatan ketika menjawab pertanyaan jaksa. Mereka meminta majelis hakim untuk menegur Luhut.

“Saudara saksi membawa catatan Yang Mulia ini penting makanya saya ingatkan saudara saksi menaruh catatannya Yang Mulia ini penting saudara jaksa dan hakim karena saksi diperiksa,” ucap tim hukum Haris-Fatia.

Namun begitu, Hakim Cokorda tidak menggubris hal itu. Dia meminta jaksa untuk melanjutkan pertanyaan ke Luhut.

“Setop, setop, setop,” kata Hakim Cokorda sambil mengetuk palu. “Silakan lanjut,” lanjutnya.

“Yang Mulia bagaimana pemeriksaan dilakukan dengan saksi membawa catatan terima kasih,” jelas tim hukum Haris-Fatia.

Hingga akhirnya, Luhut menuruti keinginan tim hukum Haris-Fatia. Luhut meletakkan catatannya di kursi sebelahnya.

 

(Sumber: Suara)

Beri Komentar