Soal Isu Penundaan Pemilu, Rizal Ramli: Ternyata Biang Kudeta Konstitusi Ini Luhut Panjaitan

eramuslim.com – Mantan Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli menceritakan operasi politik Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) untuk kudeta konstitusi agar terjadi penundaan pemilu.

Rizal Ramli mengatakan, mulanya kudeta militer umumnya terjadi di dunia pada dekade 1970, sedangkan kudeta konstitusi pada dekade 1980. Hal tersebut diungkapkannya dalam acara Adu Perspektif dalam kanal Youtube detikcom, Rabu 27 April 2022.

“Nah ternyata biangnya kudeta konstitusi ini temannya Panda (Nababan) sama teman saya, Bang Luhut Pandjaitan. Nah, saya tahu cara kerja Luhut Pandjaitan, selalu cari orang bermasalah untuk dibikin bagian dari operasi itu,” ungkap Rizal Ramli.

“Istilah dia sama saya, dia pernah ngomong sama saya, ‘Zal lu itu politiknya hitam-putih, kita itu perlu politik supaya kita, orang bermasalah kita pasangin tali di hidungnya kayak kerbau, supaya bisa diperintahkan kiri kanan’,” sambungnya.

Rizal Ramli pun menceritakan usaha yang dilakukan Luhut agar mantan Ketua DPR RI Setya Novanto menjadi Ketua Umum Golkar.

“Inilah modus operasi daripada temannya Luhut Pandjaitan waktu itu dia ngotot agar supaya Jokowi pilih (Setya) Novanto jadi Ketua Umum Golkar. Kalau saya masih dalam (Istana), biasanya Jokowi nanya sama saya, ‘Mas Rizal ini gimana ini?’. Saya bilang, ‘Jangan, Mas, Novanto itu banyak masalah, nanti kita sibuk ngurusin limbahnya saja’,” tegas Rizal.

Rizal pun mengaku sempat diminta Luhut untuk melobi Jokowi agar mendukung Novanto menjadi Ketua Umum Golkar saat itu. Namun, Rizal menolak permintaan tersebut.

“Akhirnya Bang Luhut ngajak saya makan siang, ‘Zal, lu bantuin dong, karena Jokowi pasti nanya sama lu nih soal begini’, ‘Bantuin apa?’, ‘Lu bantu dong lobi Jokowi supaya dukung Novanto sebagai Ketua Umum Golkar’. Saya bilang ‘Gue kagak mau’, dia bilang, ‘Lu Zal, politik lu hitam-putih, kita itu perlu orang bermasalah supaya kaya kerbau, dipegang hidungnya’,” cerita Rizal.

‘Bang jangan samain gue sama lu’, ‘Kenape?’, ‘Emang lu otaknye kagak bener kok, beda sama kita’,” tegas Rizal.