Soal Kalung Corona: Klaim Kementan Kayu Putih Cegah Corona Dibantah Profesor Kanada

Eramuslim.com – Kementerian Pertanian (Kementan) sedang mengembangkan kalung antivirus yang diklaim mampu membunuh virus, termasuk virus corona COVID-19. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyampaikan, pihaknya telah meracik ramuan antivirus dengan menggunakan bahan baku dalam negeri, salah satunya daun kayu putih.

Adapun antivirus dengan bentuk kalung ini merupakan hasil riset dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.

“Ini antivirus hasil Balitbangtan, eucalyptus, pohon kayu putih. Dari 700 jenis, satu yang bisa mematikan corona hasil lab kita. Dan hasil lab ini untuk antivirus. Dan kita yakin. Bulan depan ini sudah dicetak, diperbanyak,” ujarnya di kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (3/7).

Klaim soal kayu putih bisa mencegah virus corona, ternyata sudah beredar viral di media maya dan mendapat respons global. Informasi yang beredar di media sosial menyebutkan, klaim itu pertama kali muncul dari riset seorang dokter di Havana University di Kuba. Tapi tidak jelas juga siapa dokter yang melakukan riset tersebut.

Pada informasi yang beredar viral itu, riset menyebutkan CoronaVirus Disease (COVID-19) tidak berkembang di lingkungan di mana senyawa 1,8 Epoxy-p-Metana digunakan. Senyawa tersebut diklaim sebagai komponen anti-virucidal, antiseptik, dan bakterisida, dan kandungannya banyak didapati dalam kayu putih.