Soal Kerukunan Beragama, Menag Contohkan Dirinya dengan Luhut

Eramuslim.com – Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi bercerita soal kedekatannya dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Cerita itu disampaikan saat membahas kerukunan umat beragama di Indonesia.

Fachrul menyebut Luhut merupakan sahabat baiknya sejak lama. Saking dekatnya, Fachrul mengaku sempat disindir wartawan, “Di mana ada Luhut, di situ ada Fachrul.”

“Ngomong Pak Luhut, saya jadi ingat Pak Luhut itu umat Kristen yang baik, saya alhamdulillah muslim yang baik. Tapi saya alhamdulillah, kami bersahabat luar biasa sekali,” kata Fachrul saat membuka Peluncuran Indeks Kerukunan Umat Beragama di Kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Rabu (11/12).

Menurutnya, perbedaan keyakinan dengan Luhut tak menjadi hambatan pertemanan mereka. Keduanya tetap menjaga iman dan ketakwaan sesuai agama masing-masing.

Di kesempatan itu, Fachrul menekankan kerukunan antarumat beragama bisa dimulai dari hal kecil. Dia mencontohkan dengan ceritanya saat mengundang teman-teman nonmuslim ke acara buka puasa bersama di rumahnya.