Soal Pembakaran Bendera Tauhid MUI Malah Bilang Tak Usah Dipermasalahkan

Eramuslim.com – Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Zainut Tauhid Saadi mengatakan pihaknya meminta agar peristiwa pembakaran bendera berkalimat tauhid tidak dipermasalahkan, apalagi hingga menuduh seperti Partai Komunis Indonesia (PKI).

“Jadi menurut hemat kami hal tersebut tidak perlu dipermasalahkan, apalagi ditanggapi secara emosional dengan menggunakan kata-kata yang kasar seperti melaknat, mengatakan biadab dan menuduh seperti PKI,” ucap Zainut melalui siaran pers, Senin (22/10).

Zainut menilai hanya akan terjadi kesalahpahaman jika kejadian tersebut dibesar-besarkan hingga menjadi polemik. Terlebih, katanya, Ketua GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas pun telah memberikan penjelasan terkait motif belasan anggota Banser membakar bendera berkalimat tauhid itu.

Tuduhan seperti menggunakan PKI, lanjutnya, justru akan menimbulkan gesekan antarkelompok. Dengan begitu, bisa berpotensi menerbitkan konflik di antara sesama umat Islam.

Zainut mengatakan pihaknya menengarai ada kelompok tertentu yang ingin memecah belah umat Islam dan Indonesia. Demi terhindar dari hal itu, Zainut mengimbau kepada semua pihak agar meningkatkan kewaspadaan. Pula, tetap menghormati satu sama lain agar tidak ada fitnah yang bisa berbuntut perpecahan.