free hit counters
 

Soal Pemindahan Ibukota Itu Cuma Karena Jokowi Ingin Dikenang Saja…

Redaksi – Senin, 6 Ramadhan 1442 H / 19 April 2021 07:30 WIB

Eramuslim.com – Wacana pemindahan ibu kota negara kembali menyita perhatian setelah pemerintah berencana memulai proyek tersebut tahun ini. Rencana tersebut kembali memantik polemik lantaran situasi sosial ekonomi yang dinilai belum mendukung di masa pandemi saat ini. Banyak yang bersuara agar proyek pemindahan ibu kota ini ditunda, salah satunya Refly Harun .

Menurut Refly, yang menjadi soal dalam polemik pemindahan ibu kota ini adalah waktunya. Sebab pemindahan ibu kota setidaknya menyerap dua hal, yaitu anggaran dan konsentrasi. Proyek yang ditargetkan rampung pada 2024 ini jelas membutuhkan dana besar.

Ketika pemasukan negara terbatas akibat pandemi, hampir dipastikan pendanaan proyek berasal dari utang. Padahal utang APBN sudah menumpuk dan diperkirakan berjumlah Rp10 ribu triliun pada 2024. ”Itu baru utang APBN, belum termasuk utang BUMN,” ujar Refly dalam video berjudul Tunda Ibu Kota di saluran youtube Refly Harun Official, Senin (19/4/2021) dini hari.

Refly mengatakan, kalau pun pandemi berakhir tahun ini, tetap saja butuh waktu untuk recovery ekonomi dari kondisi yang sedang babak belur sekarang untuk mempersiapkan segala sesuatunya lebih baik.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Berita Nasional Terbaru