Sohibul: Adakalanya Sikap Kenegarawanan dan Pengkhianatan Beda Tipis

Eramuslim.com – Adakalanya sikap kenegarawanan dengan sikap pengkhianatan itu beda tipis. Hal ini sama halnya dengan rasa kesetiaan dengan rasa ketertutupan.

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyebutkan, perbedaan-perbedaan itu tergantung pada siapa dan darimana memandangnya, sehingga menjadi relatif.

“Tapi bagi pelaku, itu jelas. Sebab dia tahu persis niat di balik semua sikap tersebut. Di titik inilah, kita, elite politik, diuji,” ujar Sohibul di akun Twitter pribadinya, Minggu (5/5).

Sohibul menambahkan, niat yang berulang-ulang dilakukan oleh seseorang akan menjadi karakter bagi pelakunya. Oleh karenanya, dalam memberikan penilaian terhadap seorang elite harus dilihat rekam jejak dalam jangka waktu yang panjang.

“Karena itu, menilai seseorang negarawan atau bukan, yang setia pada janjinya atau tidak, harus dari rangkaian sikapnya dalam jangka waktu panjang (time series), jangan hanya pada satu peristiwa sesaat (on the spot),” pungkas Sohibul.

Sohibul tidak menjelaskan lebih rinci apa dan kepada siapa maksud tulisannya itu. [rm]


AKAN TERBIT… HOLLYWOOD UNDERCOVER, Eramuslim Edisi 3 Revisi. Mengurai gurita rahasia Zionisme dibalik tirai produksi Film2 Hollywood. Akan terbit insyaAllah ditanggal 25 Mei 2019. Harga PreOrder Rp 85.000/eks (belum tmsk ongkir) Pemesanan ke WA/SMS di 085811922988 dengan menyebutkan Nama pemesan, dan alamat kirimnya, agar kami bisa tawarkan. Pesan sgera agar kami catatkan pemesanannya… Wassalamu alaikum wr wb