Sosok Ibundanya Bung Karno Disebut Jadi Alasan Sukmawati Pindah ke Agama Hindu

eramuslim.com  -Putri Presiden Pertama RI, Sukmawati Soekarnoputri, akan menjalani prosesi pindah ke agama Hindu atau sudhi wadani.

Pengacara menyebut salah satu pertimbangan Sukmawati memilih pindah ke agama Hindu karena sosok neneknya, Ida Ayu Nyoman Rai Srimben.

“Iya (alasannya karena sosok nenek). Ibunya Bung Karno kan Ida Nyoman, bangsawan Bali,” kata pengacara Sukmawati, Witaryono Reksoprojo, Jumat (22/10/2021).

Rencanaya acara Sudhi Wadani tersebut bakal digelar di kawasan Situs Cagar Budaya rumah asal ibunda Sukarno di Kota Singaraja, Buleleng. Sukmawati pun disebut sudah cukup lama mendalami ajaran agama Hindu.

Ternyata Sosok Nenek Disebut Jadi Alasan Sukmawati Pindah ke Agama Hindu

“Ya, itu semua melalui proses yang cukuplah,” ujar Witaryono.

Namun dia mengaku belum mengetahui apakah nantinya Sukmawati akan lanjut tinggal di Bali.

“Belum tahu (apakah akan tinggal di Bali). Tapi soal agama itu adalah hak pribadi Ibu Sukmawati, jadi harus kita hormati,” ucapnya.

Sebelumnya diberitakan Sukmawati bakal menjalani prosesi Sudhi Wadani atau pindah ke agama Hindu di Bali.

“Ya sudah disiapkan cukup lama, ya nanti tanggal 26 Oktober minggu depan acara Sudhi Wadani-nya, tempatnya di Balai Agung di Singaraja,” kata penanggung jawab upacara Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna Mahendradatta Wedasteraputra Suyasa saat dihubungi detikcom, Jumat (22/10).