Sosok Ini Bongkar Drama Pemberhentian Rizal Ramli dari Menko: Jokowi Kabur Sama Jusuf Kalla

Panda Nababan Beberkan Drama Pemberhentian Rizal Ramli dari Menko Kemaritiman: Jokowi Kabur Sama Jusuf Kalla...

eramuslim.com  -Politisi senior Panda Nababan mengungkap drama di balik pemberhentian Rizal Ramli sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman pada tahun 2016 silam.

Panda Nababan menyebut Presiden Joko Widodo kabur bersama Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla saat Rizal Ramli meminta waktu untuk berbicara dengannya perihal pemberhentiannya sebagai menteri.

Pernyataan ini dilontarkan oleh Panda Nababan di kanal YouTube Total Politik pada Jumat (25/11/2022) kemarin.

“Jadi ada satu drama yang terjadi pada waktu Rizal Ramli diberhentikan,” kata Panda seperti dikutip Mamagini pada Sabtu (26/11/2022).

Selain Jokowi, Jusuf Kalla, dan Rizal Ramli, proses pemecatan tersebut dihadiri pula oleh Sekretaris Kabinet Indonesia Pramono Anung Wibowo dan Menteri Sekretariat Negara Indonesia Pratikno.

“Di kiri Pramono, Jusuf Kalla, Jokowi, Pratikno, berhadapan dengan Rizal,” lanjut Panda.

Diceritakan oleh Panda Nababan, saat itu Jokowi mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Rizal Ramli yang telah mengabdi sebagai menteri.

“Jadi Pak Rizal terima kasih banyak atas keterlibatannya membantu saya selama ini,” kata Jokowi seperti yang dikatakan oleh Panda.

Namun, Rizal Ramli langsung menyela. Ia tidak terima jika alasan pemecatannya adalah karena adanya perselisihan antara dirinya dan Jusuf Kalla.

“Mohon maaf Pak Presiden, izinkan dulu saya berbicara. Saya memang tidak sependapat dengan Wapres,” kata Rizal.

“Pak Presiden memang saya tidak cocok dengan wakil presiden, tapi jangan jadikan itu alasan memberhentikan saya,” pinta Rizal.

Jusuf Kalla pun saat itu langsung ikut menyela juga. Ia merasa tidak terima dengan apa yang dikatakan oleh Rizal Ramli.

“Eh, begini ya Rizal, kau bukan level aku ya. Kau bukan level aku,” kata JK.