Sri Mulyani Ajak Masyarakat Makan di Warteg

Eramuslim.com -Pandemi COVID-19 memukul sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Pemerintah sendiri sudah mengupayakan berbagai cara untuk menyelamatkan tulang punggung perekonomian Indonesia.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan bahwa pemerintah tidak bisa berjuang sendiri sehingga butuh kontribusi masyarakat.

“Jadi jangan hanya berharap dan menyampaikan bahwa ini hanya pemerintah yang memiliki aturan dan tanggung jawab untuk melakukan itu. Masing-masing dari Anda sebenarnya dapat berkontribusi secara signifikan,” kata dia dalam diskusi yang tayang di saluran YouTube The Jakarta Post, Kamis (19/8/2020).

Setidaknya jika 260 juta orang Indonesia tergerak untuk memberikan sumbangsihnya dapat membantu ekonomi kecil bergerak. Contoh paling sederhana adalah membeli makanan dari warung tradisional seperti warung Tegal alias warteg.

“Dan jika Anda melakukan lebih inovatif berpikir dengan desain Anda, mencoba untuk membeli sesuatu dari warung Tegal dekat dengan tempat Anda,” sebutnya.

Sementara itu, saat ini pemerintah juga sedang menyiapkan bantuan tambahan buat UMKM. Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal meluncurkan bantuan sebesar Rp 2,4 juta untuk UMKM.

Menteri BUMN Erick Thohir menerangkan, pemerintah telah memberikan sejumlah bantuan untuk UMKM, dari penundaan pokok hingga bunga.

“UKM tidak kalah pentingnya, selain kemarin sudah kita lakukan dengan tadi bunga yang ditunda, pokok ditunda sudah berjalan,” katanya dalam webinar Minggu (16/8/2020).(dtk)