Sri Mulyani Bilang Rakyat Sedang Menikmati Segala Kemudahan Dari Pemerintah

Eramuslim.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati membantah isu pemerintah akan memungut pajak pertambahan nilai (PPN) untuk bahan-bahan pokok atau sembako.

Sri Mulyani mengungkapkan isu PPN sembako dibenturkan dengan kebijakan pemerintah terkait meminimalkan pengenaan pajak pertambahan nilai atas barang mewah (PPN-BM).

“Tidak betul akan dibentur-benturin seolah-olah PPN-BM untuk mobil diberikan, terus sembako dipajakin. Itu kan teknik hoaks yang bagus banget memang,” ujar Sri Mulyani saat Rapat Kerja dengan Komisi XI DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (10/6/2021).

Sri Mulyani juga membantah PPN sembako sudah berlaku hingga mengakibatkan kenaikan harga-harga bahan pokok belakangan ini. Dia mengatakan, yang justru terjadi saat ini adalah kebalikannya.

Masyarakat, kata Sri Mulyani, sedang menikmati segala macam kemudahan di bidang perekonomian dari hasil keringanan pajak hingga insentif yang diberikan oleh pemerintah selama pandemi COVID-19 berlangsung.

“Yang justru terjadi justru rakyat itu menikmati seluruh dengan apa yang disebut dengan belanja dan bantuan pemerintah dan insentif perpajakan. Mereka nggak bayar PPH 21, PPN ditunda atau diretitusi, PPH 25 dikurangi,” kata Sri Mulyani.