Studi Medis Terbaru Ungkap Bahaya Larangan Minum Berdiri Rasulullah ﷺ

Eramuslim – Anda pastinya sudah seringkali mendengar anjuran yang menyebutkan bahwa konsumsi 2 liter air setiap harinya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Namun pernahkah Anda mendengar anjuran yang menyebutkan tentang bahaya minum air dengan posisi berdiri?

Anjuran ini pernah disebutkan Rasulullah ﷺ dalam hadis yang berbunyi “Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam melarang seseorang minum sambil berdiri. Qotadah berkata, “Bagaimana dengan makan?” Beliau menjawab: “Itu lebih buruk lagi.” ” (HR. Muslim dan Tirmidzi)

Jika belum, berikut yang perlu Anda ketahui tentang hal ini:

1. Minum air sambil berdiri dapat menyebabkan radang sendi

Kebanyakan orang melakukannya, namun tidak menyadari bahwa kebiasaan ini dapat menyebabkan radang sendi di kemudian hari. Minum dengan posisi disebut mengganggu keseimbangan cairan pada tubuh dan menyebabkan terjadinya penumpukan cairan pada sendi.

2. Merusak sistem pencernaan

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa minum dalam posisi berdiri dapat menyebabkan cipratan pada dinding perut. Dalam jangka panjang, kebiasaan ini dapat mengakibatkan kerusakan pada sistem pencernaan.

3. Anda tetap haus

Dahaga Anda tidak akan terpenuhi selama Anda minum dalam posisi berdiri. Anda merasa ingin selalu minum dan minum lagi. Cobalah untuk duduk dan teguk air minum Anda secara perlahan dan lihat perbedaannya.