Sudutkan Anies, tapi Salah Pilih Foto

Eramuslim.com – GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan mendapat banyak kritik akhir-akhir ini. Penyebabnya adalah banjir hebat yang melanda ibu kota akhir pekan lalu. Kondisi itu ternyata juga dimanfaatkan pembuat hoax untuk menambah kegaduhan. Mereka menyebar foto Anies Baswedan sedang makan di warung, kemudian memberinya narasi bahwa sang gubernur malah sibuk makan pada saat Jakarta hampir tenggelam.

Jawa Pos menemukan gambar itu diunggah oleh akun Twitter @CanNarida pada 22 Februari 2021. Tampak Anies sedang makan di sebuah warung bersama sejumlah warga. Akun itu juga membubuhkan komentar yang provokatif, ”persiapkan diri ya nies, biar ada tenaga buat ngeles” (bit.do/SibukMakan).

Berbagai narasi itu terasa janggal lantaran Anies dan seluruh warga yang ada di warung tersebut tidak melaksanakan protokol kesehatan. Tak ada satu pun di antara mereka yang mengenakan masker. Seumua berdekatan alias tidak menjaga jarak. Sungguh tidak mencerminkan situasi pandemi Covid-19.

Penelusuran jejak digital menunjukkan bahwa foto tersebut pernah diunggah berbagai portal berita arus utama. Contohnya, news.detik.com yang menggunakan foto itu untuk memberitakan aktivitas pilkada DKI Jakarta pada 2016.