Sukmawati Tinggalkan Islam, Publik: Bukannya dari Dulu Dia Hindu?

Eramuslim.com – Sukmawati Soekarnoputri akan menjalani ritual pindah agama dari Islam ke Hindu di Singaraja, Bali, Selasa 26 Oktober 2021 mendatang.

Menariknya, sebelum benar-benar ‘berpaling’, Sukmawati telah mempelajari dan mendalami ajaran barunya sejak puluhan tahun lalu. Lantas, benarkah dia sudah lama menganut Hindu?

Kepala Soekarno Center, Arya Wedakarna mengatakan, perkenalan Sukmawati dengan Hindu sudah dimulai sejak beberapa tahun terakhir. Selain sering datang ke pura dan membaca kitab suci Hindu, dia juga kerap sembahyang menggunakan cara-cara Hindu.

“Beliau ini suka dengan Hindu dan Bali. Selalu meminta datang ke pura, udah puluhan tahun ini suka membaca kita suci Hindu. Dia juga suka berdiskusi dengan para biksu, para pendeta-pendeta, pemangku kami,” ujar Arya Wedakarna, dikutip Hops, Minggu 24 Oktober 2021.

“Beliau juga sehari-hari sembahyangnya menggunakan sarana Hindu. Mungkin 2021 baru beliau mendapatkan petunjuk spiritual untuk bisa masuk ke agama Hindu,” lanjutnya.

Lebih jauh, Arya berkisah, sebelum benar-benar pindah ke Hindu, dirinya berkali-kali bertanya ke Sukmawati mengenai keyakinannya. Sebab, menurutnya, pindah agama merupakan keputusan sakral yang harus dipikirkan matang-matang.

“Saya juga sempat tanyakan, apakah ibu sudah mantap? Apakah sudah persetujuan keluarga, dan beliau sudah siap, mantap, dan saya diminta untuk menyiapkan semua acara,” tuturnya.

Namun, sejauh ini, Sukmawati telah mendapat restu dari keluarga terdekatnya, yakni Megawati Soekarnoputri, Muhammad Guntur Soekarnoputra, Muhammad Guruh Irianto Soekarnoputra, dan ketiga anaknya.

“Putra-putri beliau menyetujui, mengikhlaskan, dan legowo ibundanya pindah ke Hindu,” tegasnya.