Sultan Tidore Sebut Vaksin Bikin Cemas Warga Maluku Utara

Eramuslim.com – Sultan Tidore yang kini menjabat anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia asal Provinsi Maluku Utara (Malut), Husain Alting meminta pemerintah pusat dan daerah khususnya Provinsi Maluku Utara, untuk menjelaskan secara terbuka keakuratan vaksin yang tiba di Malut, Senin (4/1/2021).

Husain berpendapat, ada beberapa negara besar di dunia yang hingga kini masih mencari vaksin yang tepat. Di Indonesia bahkan di Maluku Utara juga ingin mendapatkan tingkat kepastian dan keakuratan tentang vaksin tersebut. 

Hal tersebut bertujuan agar masyarakat tidak berada dalam keraguan karena menyangkut dengan keselamatan, nyawa dan jiwa manusia. Karena setiap manusia tidak memiliki dua atau tiga nyawa. “Jadi tidak boleh dicoba-coba. Kita harus dapat kepastian dari lembaga berkompeten bahwa vaksin ini memang sudah akurat,” kata Husain Alting Selasa (5/1/2021).

Sultan Tidore itu menambahkan, jika lembaga-lembaga berkompeten seperti lembaga kesehatan dunia saja masih perdebatkan tentang vaksin, maka kenapa Indonesia termasuk Maluku Utara harus buru-buru. “Bukan saya menolak, tapi ini berkaitan dengan nyawa dan keselamatan umat manusia,” tegasnya.

Untuk itu kata Sultan Tidore ini menyebutkan, layak dan patut, masyarakat mendapat jawaban dari pihak-pihak berkompeten seperti lembaga kesehatan, baik di dalam maupun di luar negeri. Karena ini di Maluku Utara maka harus dipertanyakan kepada Dinas Kesehatan Provinsi maupun Dinas Kesehatan di kabupaten/kota.