Surat Terbuka Din Syamsuddin untuk Jokowi

Eramuslim.com – Kegaduhan yang belakangan terjadi di Tanah Air yang sedang dihantam wabah Covid-19 membuat Presidium Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI), Din Syamsuddin bersuara.

Melalui surat terbukanya yang ditujukan kepada Presiden Joko Widodo, Senin (5/10), Din meminta Jokowi tak tingggal diam dalam berbagai kegaduhan yang belakangan muncul.

Beberapa kegaduhan yang terjadi di antaranya soal penanganan pandemi Covid-19 yang hingga kini tak kunjung menampakkan penurunan. Mulai dari kebijakan nyata hingga pengalokasian anggaran penanganan Covid-19 harus benar-benar dilakukan secara benar oleh pemerintah.

Hal lain yang disoroti adalah keputusan pemerintah bersama DPR RI untuk tetap menggelar Pilkada Serentak 2020 di tengah pandemi Covid-19. Bagi Din, hal ini sudah memantik kegaduhan di tengah masyarakat.

Yang tak kalah penting adalah pembahasan sejumlah Rancangan Undang-Undang yang termaktub dalam omnibus law, termasuk Perppu yang dijadikan UU Corona. Presiden, kata Din, harus bersikap tegas karena pembahasan tersebut sangat potensial menimbulkan kegaduhan nasional yang besar.

Berikut surat terbuka Din Syamsuddin secara lengkap yang diterima Kantor Berita Politik RMOL.

Assalamualaikum Wr. Wb.

 

Yang Mulia Bapak Presiden Ir. Joko Widodo.

 

Semula kami berpikir tidak ingin mengirim surat ini khawatir akan (dianggap) menciptakan kegaduhan. Namun, lewat Istikharah kami tergerak untuk menulisnya khawatir imbauan Bapak Presiden agar rakyat tidak menciptakan kegaduhan akan menjadi self fullfilling prophecy atau hal yang justru akan menciptakan kegaduhan itu sendiri.