Survei LSI: Masyarakat Medsos Kapok Dengan Ahok

Eramuslim.com – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis temuan survei terkait perolehan suara pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta oleh pemilih yang menggunakan media sosial (Medsos).

Dalam temuannya, pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno mampu mengungguli petahana Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dalam semua cluster medsos, terkecuali Twitter.

Peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar, menerangkan salah satu faktor keunggulan Anies-Sandi ketimbang Ahok-Djarot yakni ‎mayoritas pemilih Ibu Kota pengguna medsos menginginkan Jakarta di pimpin oleh pendatang baru ketimbang petahana.

“Mayoritas pemain medsos ingin Jakarta punya gubernur baru. Dari pengguna medsos, sebesar 54,33% menyatakan bahwa mereka ingin punya gubernur baru. Dan hanya sebesar 39,47% yang menyatakan tetap ingin gubernur yang lama,” kata Rully di kantor LSI Denny JA, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (21/3/2017).

Sebelumnya, paslon Anies-Sandi mengungguli petahana Ahok-Djarot di tiap cluster media sosial, kecuali Twitter. Di Facebook, para pengguna memantapkan hati memilih Anies-Sandi. Lalu, di Instagram juga para pengguna lebih banyak menyatakan dukungannya terhadap paslon nomor urut tiga itu.

Kemudian, di Twitter, petahana Ahok-Djarot mampu mengunguli Anies-Sandi. Meski demikian, ‎pemilih Ibu Kota yang tidak menggunakan medsos dengan logo burung itu lebih memilih Anies-Sandi ketimbang Ahok-Djarot.

Sekadar diketahui, survei terhadap pengguna medsos oleh LSI Denny JA dilakukan pada 27 Februari-3 Maret 2017 di Jakarta. Survei ini dilakukan secara tatap muka terhadap 440 responden. Responden sendiri dipilih dengan menggunakan metode multistage random sampling. Margin of errof survei ini plus minus berada pada angka 4,8%.‎ (jk/okz)