Survey Rumah Demokrasi: Prabowo-Sandi Melesat Kalahkan Jokowi-Ma’ruf

Eramuslim.com – Rumah Demokrasi merilis hasil survei nasional elektabilitas capres cawapres. Hasilnya, Prabowo-Sandiaga unggul 5% dari Jokowi-Maruf Amin.

“Saat responden diajukan pertanyaan dengan metode top of mind ‘Jika Pilpres dilaksanakan hari ini anda memilih pasangan capres-cawapres siapa?’ Mayoritas reponden menjawab memilih pasangan capres 02 yaitu Prabowo-Sandiaga Uno sebesar 45,45%, sedangkan yang memilih pasangan capres 01 Jokowi-Maruf Amin adalah sebesar 40,30%,” kata Founder dan Direktur Rumah Demokrasi, Ramdansyah, dalam keterangannya, Jumat (15/3).

Survei dilaksanakan pada 19 Februari-1 Maret 2019, menggunakan metode wawancara tatap muka langsung dengan melibatkan 1.067 responden yang tersebar secara proporsional di 34 provinsi. Margin of error survei 3,06% pada tingkat kepercayaan 95%.

“Sebanyak 14,25% belum menentukan pilihan. Hasil survei menunjukkan bahwa elektabilitas Prabowo-Sandi saat ini unggul atas Jokowi-Maruf  dengan selisih sekitar 5% dan saat dilakukan survei masih banyak undecided voters, 14,25%,” terangnya.

Dijelaskan dia, keunggulan Prabowo-Sandi atas Jokowi-Maruf sangat berkaitan erat dengan strategi kampanye. Di bawah komando Jenderal Joko Santoso, kampanye Prabowo-Sandi menggunakan strategi gerilya, yakni rajin menyapa masyarakat dan menyerap aspirasi publik melalui kegiatan kunjungan ke daerah.