Surya Paloh Akhirnya Dipecat Dari Yayasan Pendidikan Soekarno

surya palohEramuslim.com – Yayasan Pendidikan Soekarno (YPS) akhirnya memecat Surya Paloh dari keanggotaannya di Dewan Kurator Universitas Bung Karno (UBK). Pemecatan bos Partai Nasdem ini dibicarakan sejak kasus korupsi yang melibatkan mantan Sekjen Partai Nasdem Patrice Rio Capella muncul ke permukaan.

“YPS dan UBK merasa memiliki kewajiban moral untuk mengambil tindakan tegas terhadap pengurus YPS dan pengurus UBK yang terlibat dalam kasus korupsi,” ujar Sekretaris YPS Ristiyanto dalam keterangan kepada redaksi.

Menurut Ristiyanto, Surya Paloh bergabung dengan YPS dan UBK yang didirikan Rachmawati Soekarnoputri pada tahun 2013. Surya Paloh yang ketika itu mengusung tema restorasi Indonesia mendekati Rachmawati yang memang dia kenal sejak lama.

Oleh Rachma, kemudian Surya Paloh diberi posisi di Dewan Kurator UBK yang dipimpin Rizal Ramli.

“Kita menghormati proses hukum, memang belum ada satu lembaga hukumpun yang mengatakan Surya Paloh terlibat dalam kasus Rio Capella. Tetapi mencermati pemberitaan yang berkembang di media massa membuat kami mesti mengambil tindakan untuk memperlihatkan tanggung jawab moral kami,” ujar Ristiyanto.

“Belum lagi baru-baru ini ada kabar pulau Surya Paloh pun sudah disegel,” katanya lagi.(ts/RMOL)