Surya Paloh Ikutan Kritik Paket Ekonomi Ke-16 Jokowi

Eramuslim.com -Desakan evaluasi terhadap paket kebijakan ekonomi ke-16 terus dilakukan sejumlah pihak, termasuk partai Nasdem notabene partai pendukung pemerintah.

“Nasdem mempunyai pemikiran yang sama (evaluasi paket kebijakan ekonomi ke-16),” ujar Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta, Selasa (20/11).

Diketahui, dalam kebijakan tersebut, Pemerintah mempersilahkan investor asing untuk menguasai sebesar 100 persen saham di 54 bidang usaha yang selama ini masuk dalam Daftar Negatif Investasi (DNI).

Paloh tidak menampik bahwa Indonesia membutuhkan adanya investor asing untuk pembangunan. Tetapi, kepentingan nasional menjaga eksistensi UMKM adalah yang utama.

“Bahwa datangnya investor asing itu bagus aja, negeri membutuhkan itu, tapi yang tidak kalah pentingnya melindungi juga usaha-usaha kelas kecil yang ada di negeri ini,” jelasnya.

Dia tegaskan juga bahwa Partai Nasdem sebagai pendukung pemerintahan Presiden Jokowi tidak serta merta mendukung semua kebijakan yang dikeluarkan.

“Saya katakan tidak semuanya kebijakan itu benar 100 persen, ada hal yang harus dievaluasi,” tukasnya. (kl/rmol)