Tadi Malam Desa di Maluku Ini Sudah Gelar Takbiran

Eramuslim.com – Umat Islam  di Desa Kobi, Kecamatan Seram Utara Timur Kobi, Kabupaten Maluku Tengah turun ke jalan menggelar malam takbiran pada Kamis (21/5) malam, di tengah pandemi Covid-19.

Kepala Pemerintahan Kobi, Mustafa Kiahaly mengatakan pihaknya memutuskan menggelar salat Id berjemaah lebih awal Jumat (22/5) setelah ada putusan resmi pemuka agama.

“Setiap tahun lebih awal puasa dan Lebaran, ini berdasarkan perhitungan para pemuka masjid,” kata Mustafa melalui keterangan resmi.

Ia menjelaskan di Kecamatan Seram Utara Kobi, tak semua desa menggelar malam takbiran. Hanya di Desa Kobi ,1 Syawal 1441 Hijriah jatuh pada Jumat (22/5) dan akan melaksanakan salat Id secara berjemaah.

BANDA ACEH, 27/11 – TAKBIRAN IDUL ADHA. Remaja masjid mengikuti pawai takbiran Idul Adha 1430 Hijiriah di Banda Aceh, Kamis (26/11). Ribuan warga dan ratusan kendaraan ruda dua dan empat di ibukota Provinsi Aceh itu mengikuti pawai takbiran keliling kota.FOTO ANTARA/Irwansyah Putra/ed/hp/09.

Meski di tengah pandemi, tradisi malam takbiran tetap dihiasi dengan petasan dan membakar kembang api untuk menyambut Lebaran.

Sebagian besar yang memeriahkan malam takbiran adalah anak-anak yang sejak selepas salat Isya mulai meramaikan jalanan.

“Kami warga Desa Kobi tetap pawai dan berkumpul sambil menyalakan lilin atau obor, ini tradisi setelah sebulan penuh beribadah puasa dan puncaknya dirayakan,” ujarnya.

Ia mengatakan sesuai kesepakatan bersama pemuka agama, salat Id berjemaah tetap dilaksanakan di masjid, meski ada imbauan salat Id di rumah masing-masing demi mencegah penyebaran virus corona.

Selain di Desa Kobi, beberapa Desa di Kecamatan Leihitu Maluku Tengah juga bakal melaksanakan salat Id pada Sabtu (23/5).

Desa-desa ini memilih lebaran terhitung dua hingga tiga hari lebih awal yang ditetapkan Kementerian Agama.[cnn/ian]