Tadi Malam ILC Dengan Tema “Makar” Tiba-Tiba Dibatalkan

ilc1Eramusim.com – Masih jadi pertanyaan di kalangan masyarakat pemerhati politik di tanah air tentang apa dan/atau siapa sesungguhnya yang menjadi faktor utama pembatalan acara Indonesia Lawyer Club (ILC) bertema makar Selasa malam (10/1).

Sejumlah tokoh yang sudah hadir di lokasi ILC di Hotel Borobudur, Jakarta, balik kanan dengan kepala dipenuhi tanda tanya.

“Saya dapat informasi Bang Karni Ilyas sakit. Kabarnya, tekanan darahnya naik. Jadi acara dibatalkan,” ujar tokoh nasional Rachmawati Soekarnoputri yang sedianya menjadi salah satu pembicara kunci dalam sesi kali ini.

Rachma dan sejumlah tokoh ditangkap pada pagi hari tanggal 2 Desember 2016. Mereka dituduh melakukan makar dan ingin menggulingkan pemerintahan yang sah, serta ditetapkan sebagai tersangka.

ILC yang batal itu sedianya membahas tema ini untuk memperjelas duduk persoalan. Perwakilan polisi pun diundang dan sudah hadir di lokasi acara.

Tak banyak informasi yang didapatkan dari Karni Ilyas. Di akun Twitter miliknya, dia hanya mengatakan, bahwa ILC kali ini terpaksa dibatalkan karena alasan teknis. Tidak ada penjelasan mengenai alasan teknis apa yang dimaksudnya. Tak sedikit pemilik akun Twitter yang mengomentari twit Karni itu.

 

“Pembatalannya kok tiba-tiba Bang? Tidak dibolehkan angkat topik makar ya karena takuj kan bobroknya… Angkat topik yang muji-muji saja Bang,” tulis @AswandiNaufal.

Seorang follower lain, @BedarBuana, menulis, “Pada gemes Gak sih nih rezim ngebelit kemana-mana, cekal sana, tekan sini.”

“Ada yang kejang-kejang,” tulis @Lee_juan.

@Amyr_Czam menulis, “Cari topik yang aman, Bang. Misal: sarung, fitsa hat, presiden terbaik versi blomberg, atau apalah yang bagus-bagus…”

Pemilik akun @Gemacan70 bertanya, apakah pembatalan karena kehadiran tersangka makar seperti Rachmawati Soekarnoputri dan Kivlan Zen.

@abu_waras tak mau kalah, dan mengatakan, “Di era SBY, ILC begitu bebas merdeka mau bahas apa saja. Sekarang kayak terus terancam dengan laras senjata di ujung hidungnya.”

 

“Paling distop sama yang dulu. Ya sudah tayangnya setelah 2019 aja biar aman,” tulis @PangeranBiru212.

Sekian banyak pertanyaan itu belum terjawab. Mungkin besok atau lusa kita bisa mengetahui dengan pasti mengapa ILC Selasa malam ini, yang mestinya menjadi sesi pertama setelah absen beberapa waktu dibatalkan. Inilah rezim demokrasi yang disanjung oleh seorang Wanda Hamidah yang sekarang terus ngumpet tak bisa menjelaskan kenyataan ini kepada masyarakat. (yk/rmol)