Tak Perlu Tunggu Pilpres Selesai, KPK Harus Telusuri Sumbangan Golfer untuk Jokowi

Eramuslim.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diminta menelusuri dugaan dana haram yang digunakan untuk kampanye pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin .

“Tak perlu menunggu Pilpres selesai. KPK harus bertindak dari sekarang,” kata Direktur Eksekutif Indonesia Development Monitoring (IDM), Bin Firman Tresnadi kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (10/1).

Dia mengapresiasi langkah Indonesia Corruption Watch (ICW) menyorot sumbangan korporasi atau sejumlah individu yang ditutupi identitasnya di balik komunitas penyumbang terbesar dana kampanye Jokowi-Ma’ruf. 86 persen dari total sumbangan ternyata berasal dari komunitas Golfer TBIG dan TRG. Masing-masing menyumbang untuk Jokowi-Ma’ruf sebesar Rp 19,74 miliar dan Rp 18,19 miliar.

“Apa yang dilakukan ICW sudah benar, tinggal KPK untuk menelusurinya,” ucap dia,

Dia juga meminta KPU dan Baswlu bersikap. Ia mengingatkan rakyat tidak ingin dipimpin oleh sosok yang terpilih karena bantuan uang haram.

“KPU dan Bawaslu harus meminta semua laporan keuangan pasangan calon, melakukan audit dan menyampaikannya ke publik. Biar publik bisa menilai,” katanya.[rmol]