Tak Sombong, Ini Gelar Akademik Ustadz Abdul Somad

Selama satu tahun, Abdul Somad melanjutkan ke Pesantren Darularafah Deliserdang, Sumatra Utara. Lalu pada 1994, UAS melanjutkan sekolahnya di Madrasah Aliyah Nurul Falah, Riau hingga 1996.

Abdul Somad sempat berkuliah di UIN Sultan Syarif Kasim Riau pada 1996-1998 sebelum akhirnya melanjutkan ke Universitas Al-Azhar Mesir.

Setelah mendapat gelar Lc, Abdul Somad melanjutkan program S2 nya di Universiti Kebangsaan Malaysia, namun hanya sempat berkuliah selama dua semester.

Pada 2004, UAS mendapatkan beasiswa program S2 di Institut Darul-Hadits Al-Hassaniyah Rabat dan mendapat gelar D.E.S.A pada 2006.

Lalu Abdul Somad melanjutkan pendidikan S3 nya di Universitas Islam Omdurman Sudan dan menyelesaikannya pada 2019.

Pada tahun 2012, Ustadz Abdul Somad menikahi Mellya Juniarti dan dikaruniai putra bernama Mizyan Hadziq Abdillah.

Kemudian pada 2021, Ustadz Abdul Somad menikah dengan Fatimah Az-Zahra.

Karena memiliki ilmu pengetahuan yang cukup luas, UAS diketahui aktif mengabdikan diri di berbagai lembaga pendidikan sebagai dosen.

UAS sempat menjadi Dosen Bahasa Arab serta Dosen Tafsir dan Hadits di UIN Sultan Syarif Kasim Riau, dan Dosen Agama Islam di STAI Al-Azhar Yayasan Masmur Pekanbaru.

Selain itu, Ustadz Abdul Somad sempat menjabat sebagai anggota MUI, anggota Badan Amil Zakat, dan Sekretaris Lembaga Bahtsul Masa’il NU Provinsi Riau.

Di tengah kesibukannya berdakwah, UAS banyak menerjemahkan kitab berbahasa Arab ke bahasa Indonesia. Selain itu, UAS pun telah menulis sekitar 15 buku. (sindo)