Tanggapi Kemarahan Risma, BPBD Jatim: Mobil PCR untuk Jatim Bukan Surabaya Saja

Suban membeberkan mobil lab PCR yang datang pertama langsung beroperasi di RSUA dan mengerjakan 200 sampel. Selain itu mobil juga beroperasi di RSU Asrama Haji untuk menggarap 100 sampel.

“300 sampel itu dikerjakan di Surabaya tanggal 27 Mei. Tanggal 28 Mei mobil diarahkan ke Sidoarjo dan Lamongan. Karena di sana banyak yang harus di-swab dan di-lab. Juga kalau kita mencermati, saya juga disurati Wali Kota Surabaya untuk meminta bantuan mobil ini tanggal 22 Mei. Padahal mobil ini datang tanggal 27 Mei. Jadi surat ini belum kita jawab karena langsung mobil beroperasi,” jelasnya.

Suban menegaskan, mobil lab PCR bukan hanya untuk Surabaya tetapi juga wilayah lain. Seperti dalam surat BNPB tertulis termasuk Sidoarjo dan Lumajang. Ia menyebut mobil lab PCR harus keliling ke daerah yang membutuhkan.

“Kita klarifikasi karena banyak pemberitaan kurang jelas. Ini kejelasan kronologi bantuan BNPB mobil PCR ini untuk Jatim, tidak hanya Surabaya. Spesifik juga menyebut kota lain Sidoarjo, Lumajang. Kenapa juga Tulungagung, di sana lab kurang, dan PDP di sana nomer 2 tertinggi di Jatim dan PDP banyak yang meninggal di sana sebelum di-swab. Jadi itu kronologis bantuan mobil PCR ini,” pungkasnya.(dtk)