Tanggapi Sempalan 212, PA 212; Kami Ikuti Fatwanya, Bukan Orangnya

Bernard mengatakan pihaknya tak mengikuti Ma’ruf karena seorang ulama adalah manusia biasa. Sementara fatwa telah disepakati dan bisa dikawal oleh orang yang ingin menjalankannya.

“Kami sudah solid mendukung presiden yang dipiih oleh ulama bukan mendukung ulama yang dipilih oleh presiden,” imbuhnya.

Selain itu, dia juga melihat bahwa peserta deklarasi tersebut jumlahnya jauh lebih kecil dari jaringan PA 212 yang sejalan dengan Habib Rizieq Shihab di seluruh Indonesia. Dia tak masalah jika segelintir orang yang mengaku sebagai eks 212 itu ke kubu Jokowi.

“Kami tidak bisa mengatakan apa-apa jika orang-orang termasuk Kapitra dan sebagainya itu mendukung Jokowi. Bagi 212 tidak masalah karena hanya segelintir orang. Kami hormati dan hargai, junjung tinggi perbedaan itu. Tapi saya sebagai seketaris umum PA 212 mengatakan kami tetap solid dan istiqomah mengawal fatwa dan mengikuti arahan Imam Besar Habib Rizieq Shihab,” paparnya.

Menurut dia, Habib Rizieq pernah mengatakan bahwa memang dalam perjalanan untuk memperjuangkan kebaikan dalam Islam akan ada orang tersaring dan berpindah karena memiliki maksud lain. Hanya mereka yang istiqomah dan ikhlas yang akan tetap lurus. (cnn)