Tembakan di Saudi Ternyata untuk Usir Drone Mainan

Eramuslim.com – Sebuah video yang menampilkan tembakan beruntun petugas keamanan di dekat Istana Raja Arab Saudi sempat heboh di dunia maya.

Sebab, video yang viral itu memunculkan dugaan adanya teroris yang tengah menyerang Istana Raja Salman bin Abdulazis as Saud di Riyadh, Sabtu (21/4) pagi waktu setempat.

Beruntung pihak kepolisian Riyadh segera mengeluarkan keterangan resmi seputar video tersebut.

Jurubicara resmi kepolisian Riyadh membenarkan ada tembakan yang dilepaskan oleh pasukan keamanan di sekitar Istana. Namun bukan untuk menghalau teroris, melainkan untuk menembak jatuh pesawat tanpa awak atau drone mainan miliki orang tak dikenal.

Drone mainan ini ditembaki lantaran terbang di titik keamanan yang berada di daerah Khuzama.

Sebagaimana diberitakan Aljazeera, tidak ada informasi segera tentang cedera atau kerusakan apapun yang diakibatkan insiden ini.

Sementara itu, seorang pejabat senior Saudi menyebut bahwa Raja Salman tidak ada di istana saat insiden ini berlangsung. Raja Salman, kata dia, sedang berada di ladang milikinya di Diriya.

Pernyataan itu sekaligus menepis anggapan bahwa Raja Salman dilarikan ke sebuah bunker penembakan itu terjadi.

Dalam sebuah video berdurasi 28 detik memperlihatkan ada dua buah mobil sebuah jalan sepi. Kedua mobil itu memiliki sirine yang terus berkedip dan terdengar gemuruh tembakan. Dalam video itu, dituliskan bahwa baku tembak telah terjadi di sekitar Istana Raja Saudi dan Raja Salman dievakuasi ke sebuah bunker militer. (kl/rakyatmerdeka)