Terbaru, Klarifikasi dari Ustad Khalid Basalamah Terkait Pernyataannya Soal Wayang

eramuslim.com – Pendakwah Ustad Khalid Basalamah menyampaikan secara langsung permohonan maaf dan klarifikasi soal pernyataannya yang kontroversial terkait wayang. Secara resmi Khalid basalamah menyampaikan permohonan maaf atas pernyataannya yang sempat menggegerkan publik.

Selain itu, Khalid Basalamah juga menyampaikan klarifikasi atas pernyataannya soal hukum wayang dan himbauannya untuk memusnahkan wayang.

“Video ini teman-teman kami buat untuk klarifikasi, sekaligus permohonan maaf tentunya, atas potongan pertanyaan yang diajukan oleh salah satu jama’ah beberapa tahun lalu di masjid blok M di Jakarta,” ujar Khalid Basalamah dalam video yang diunggah channel youtube Khalid Basalamah Official, pada Senin, 14 Februari 2022, dengan judul ‘Tanggapan Terkait Video Tanya Jawab Wayang?’.

“Saya akan coba klarifikasi jawaban kami, saya bagi menjadi tiga bagian (pembahasan) saudaraku seiman dan juga sebangsa dan setanah air,” ujar Khalid Basalamah melanjutkan.

“Pertama, lingkupnya adalah pengajian kami, dan jawaban seorang da’i muslim kepada penanya muslim, itu dulu batasannya,” ujar Khalid Basalamah melanjutkan.

“Saya saat ditanya masalah wayang saya menyatakan alangkah baiknya, dan kami sarankan, menjadikan islam sebagai tradisi, jangan menjadikan tradisi sebagai islam,” ujar Khalid Basalamah melanjutkan.

Kemudian, Khalid basalamah mengaku bahwa dirinya tidak menyebutkan kata ‘haram’, namun ia hanya menganjurkan meninggalkan tradisi yang bertentangan dengan islam.

“Dan tidak ada kata-kata saya di situ ‘mengharamkan’, saya mengajak agar menjadikan islam sebagai tradisi, makna kata ini juga, kalau ada tradisi yang sejalan dengan islam, tidak ada masalah, dan kalau bentrok sama islam, ada baiknya ditinggalkan,” ujar Khalid Basalamah melanjutkan.