Ternyata, 4 Desember Hari Konservasi Hewan Liar

babirusa-coke-smithEramuslim.com – Tidak banyak masyarakat di Indonesia yang menyadari bahwa hari ini, 4 Desember, diperingati sebagai Hari Konservasi Hewan Liar.

Disebutkan dalam website daysoftheyear.com bahwa Hari Konservasi Hewan Liar ini atas inisiatif Hillary Clinton saat dirinya masih menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Amerika Serikat di periode pertama pemerintahan Barack Obama.

Ketika memberikan sambutan dalam seminar bertema Perdagangan Hewan Liar dan Konservasi: Panggilan untuk Beraksi di Kementerian Luar Negeri AS pada tanggal 8 November 2012, Hillary Clinton mengatakan bahwa salah salah persoalan yang dihadapi dunia saat ini adalah perdagangan hewan liar.

“Hewan liar tidak dapat dipabrikasi. Dan sekali dia hilang, maka dia tidak bisa diciptakan kembali. Siapa yang mengambil keuntungan dari tindakan ilegal ini tidak hanya merusak perbatasan dan ekonomi kita, mereka juga mencurinya dari generasi mendatang,” sebut Hillary Clinton.

Inisiatif Hillary Clinton menjadikan 4 Desember sebagai Hari Konservasi Hewan Liar juga disambut bagi NGO internasional WWF.

Dalam website resmi mereka disebutkan bahwa perburuan dan perdagangan hewan liar merupakan masalah bersama yang dihadapi dunia. (kl/rmol)