free hit counters
 

Deplu Klarifikasi Kewarganegaraan Kastari

Noffellisa – Jumat, 8 Mei 2009 16:06 WIB

Departemen Luar Negeri membenarkan informasi tertangkapnya Mas Slamet Kastari, teroris yang diduga terlibat dalam berbagai kegiatan terorisme di kawasan Asia Tenggara.

"Memang dari sumber-sumber terbuka atau dari sumber-sumber yang masih perlu diklarifikasi dan verifikasi kepada pemerintah Malaysia, memang Slamet Kastari dalam beberapa hari yang lalu di Johor, Malaysia," kata Jubir Deplu Teuku Faizasyah dalam media briefing, di Kantor Deplu, Jakarta, Jum’at (8/5).

Saat ini, menurutnya, Kastari sedang menjalani proses pemeriksaan dan investigasi oleh kepolisian Malaysia.



Mengenai status kewarganegaraannya, Faiza mengakui, bahwa Kastari merupakan warga negara Singapura, yang merupakan keturunan Indonesia.

"Kita akan mengecek kebenaran informasi it, sejauhmana keturunan Indonesia itu belum bisa diverifikasi," ujarnya.

Ketika ditanya apakah Kedutaan Malaysia sudah memberi kabar, Ia mengatakan, Kastari ini sangat terkait dengan informasi warga negara yang bersangkutan, namun dalam hubungan terkait kerjasama hukum bisa saja Malaysia menginformasikan, hal itu belum dilakukan.

Ia mengatakan, Deplu akan terus memonitor perkembangan penanganan kasus Kastari. Sebelum ditangkap, kepolisian terus berupaya melakukan antisipasi untuk mencegah masuknya Kastari ke Indonesia.(nov)

Berita Nasional Terbaru