Terungkap, Fortuner Setnov Cuma Lari 20 km/Jam Saat Tabrak Tiang Listrik

Eramuslim.com – Kecelakaan yang melibatkan tersangka kasus korupsi mega proyek KTP elektronik Setya Novanto memicu tanda tanya besar mengenai kecepatan laju kendaraan saat menabrak sebuah tiang listrik di kawasan Permata Hijau, Jakarta Selatan pada Kamis (16/11) malam. Mobil Toyota Fortuner yang ditumpangi Setnov dikenal bukan kendaraan murahan.

Mobil berjenis Sport Vehicle Utility (SUV) ini diketahui keluaran tahun 2012. Berbagai fitur keselamatan juga sudah disematkan untuk menghindari pengendara jika terjadi kecelakaan yang memicu benturan.

Pendiri dan Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Palubuhu, berasumsi dengan bekal sejumlah fitur keselamatan, kecil kemungkinan Fortuner Setnov melaju dalam kecepatan tinggi. Hal itu terlihat dari kondisi kendaraan pasca kecelakaan.

Jusri memprediksi kendaraan hanya melaju di kisaran kecepatan 20 km/ jam.

“Kenapa (bukan kecepatan tinggi), karena dilihat dari titik head lamp tidak pecah. Karena kalau kecepatan tinggi itu bisa pecah terkena efek benturan (terhimpit) dari bodi kendaraan,” kata Jusri kepada CNNIndonesia.com melalui pesan singkat, Jum’at (17/11).