Tidak Goyah, Ratusan Mahasiswa Tetap Kritik Rezim Jokowi Meski Diguyur Hujan Deras

Tidak Goyah, Ratusan Mahasiswa Tetap Kritik Rezim Jokowi Meski Diguyur Hujan Deras

Eramuslim.com – Ratusan orang dari Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) masih menggelar aksi unjuk rasa atas rezim pemerintahan Presiden Joko Widodo di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Kamis (21/10).

Meski sempat diguyur hujan deras, massa tetap menggelar unjuk rasa sambil berorasi di kawasan Patung Kuda.

Rencananya, aksi ini akan digelar di seberang Istana Negara. Namun, mahasiswa hanya berkumpul di kawasan Patung Kuda dengan membentangkan spanduk tuntutan sambil berorasi.

Pantauan Kantor Berita Politik RMOL di lokasi, tampak aparat kepolisian juga tengah berjaga-jaga mengamankan jalannya aksi.

Terpantau satu unit mobil polisi. Belum terlihat barracuda dan water cannon dalam pengamanan aksi kali ini. Sementara itu, suasana jalan raya dari arah Patung Kuda menuju Balaikota dan Menteng terpantau ramai lancar.

Dalam aksinya, mahasiswa juga menyampaiakan beberapa tuntutan, di antaranya menuntut pemerintah menerbitkan Perppu pembatalan UU 11/2020 tentang Cipta Kerja, menuntut perbaikan dan peningkatan ekonomi, mengembangkan sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM) yang ada di dalam negeri tanpa utang.

Menuntut kebebasan sipil sesuai amanat konstitusi dan menjamin keamanan setiap orang atas hak berpendapat. Mewujudkan supremasi hukum dan HAM yang berkeadilan, tidak tebang pilih dan tuntaskan HAM masa lalu, serta beberapa lainnya. [RMOL]