Timsel KPU Orang Dekat Jokowi, Hensat: Memang Mau Senetral Apa?

Di sisi lain, Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKOPI Kunto Adi Wibowo menilai langkah Jokowi mendorong dugaan kuat bahwa dirinya serius berniat ingin melanjutkan masa jabatannya.

“Orang-orang ini memang tidak bisa mengatur pemilu secara langsung, akan tetapi bisa menunjuk orang-orang yang mengatur pemilu,” ujar Kunto.

Dia melanjutkan, perpanjangan tangan dari kekuasaan yang sarat akan kepentingan itu patut dipertanyakan motifnya..

“Apakah orang-orang ini punya kapabilitas? Ya tentu saja, tapi apakah mereka sarat akan kepentingan? Itu yang dipertanyakan oleh banyak orang,” katanya.

Sayangnya, menurut Kunto, tim yang dibentuk Jokowi tidak melanggar aturan hukum dan  tetap bisa berjalan tanpa kendala apapun.

“Akan tetapi sangat mungkin pula anggota KPU dan Bawaslu yang terpilih sarat akan kepentingan seperti tim yang menyeleksinya. Ini yang patut disayangkan,” katanya.

Terlebih lagi, kata Kunto,belum lama ini tanah air sedang diterpa dengan isu amendemen mengenai 3 periode masa jabatan presiden.

“Ini, kan, seakan-akan Pak Jokowi sengaja menunjuk orang-orang Timsel agar merekrut orang-orang yang akan memilihnya menjadi presiden lagi,” pungkas Kunto. [Genpi]