Tindaklanjuti Hasil Investigasi Media Masa, Anies Siap Sikat Alexis

Eramuslim – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjanji akan menindaklanjuti hadil temuan investigasi salah satu media massa nasional terkait praktik prostitusi yang kembali terjadi di Hotel Alexis, Pademangan, Jakarta Utara.

“Kita sudah instruksikan terkait pariwisata tempat hiburan. Untuk lakukan tindaklanjut atas laporan investigasi itu,” ujarnya di Balai Kota, Rabu (31/1).

Gubernur Anies meminta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta langsung bergerak karena tak ingin kejadian di masa lalu kembali terulang. “Jadikan itu titik awal untuk bergerak, jadi nggak usah dari nol kemudian lakukan, intinya kalau melanggar kita lakukan tindakan,” tegas Anies.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta telah memanggil manajemen Hotel Alexis pasca diberitakannya hasil investigasi Tempo terkait dugaan praktik prostitusi dan layanan esek-esek di bekas Hotel Alexis yang kini berganti nama menjadi 4Play.

Pemanggilan dilakukan untuk mengonfirmasi kebenaran atas investigasi yang diulas media tersebut.

Pihak Disparbud DKI Jakarta sudah meminta keterangan manajemen Hotel Alexis dan menuangkannya dalam berita acara pemeriksaan (BAP). Sejauh ini, belum bisa dipastikan soal kebenaran adanya praktik prostitusi di lokasi yang berubah nama menjadi 4Play itu.

Tim investigasi Tempo berhasil mengungkap praktik prostitusi terselubung di 4Play pada Rabu 10 Januari 2018, atau  belum genap tiga bulan setelah pemerintah DKI Jakarta mengirim surat pemberitahuan tak memperpanjang izin Hotel dan Griya Pijat Alexis. Izin Alexis tak diperpanjang karena hotel itu diduga menjadi sarang prostitusi.