Tiongkok Ucapkan Terima Kasih Atas Dukungan Indonesia dalam Hadapi Corona

Ketulusan hati sejati dalam kesulitan ini telah sepenuhnya menunjukkan persahabatan tradisional yang saling membantu dan memperhatikan antara kedua negara dan rakyat kita. Kami sangat menghargainya dan mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya,” imbuh Kedubes.

Lebih lanjut Kedubes menyatakan bahwa dalam menanggapi wabah ini, Tiongkok selalu mementingkan koordinasi dan kerja sama dengan pihak Indonesia, dan telah menjalin komunikasi erat dengan pemerintah Indonesia, Kedutaan Besar dan Konsulat Jenderal Indonesia untuk Tiongkok serta lembaga terkait lainnya untuk memberikan perawatan dan bantuan kepada warga negara Indonesia yang tinggal di Tiongkok. Berkat upaya bersama kedua belah pihak, pihak Indonesia belakangan ini berhasil mengirim pesawat sewaan untuk menjemput kembali 243 WNI Indonesia yang tinggal di Provinsi Hubei dan membantu warga negara Tiongkok yang terdampar di Indonesia pulang ke negeri asalnya secara lancar.

Disampaikan Kedubes Tiongkok, departemen relevan Indonesia juga secara aktif menyediakan fasilitas visa bagi wisatawan Tiongkok yang masih berada di Indonesia saat ini. “Pihak Tiongkok akan terus berkomunikasi erat dengan pihak Indonesia, memperkuat kerja sama dalam pencegahan dan pengendalian wabah dan meminimalkan dampaknya bagi kerja sama di berbagai bidang antara kedua negara,” kata Kedubes Tiongkok dalam penyataannya.

Kedubes Tiongkok menegaskan bahwa wabah virus corona ini dapat dicegah, dikendalikan, dan diobati. “Pemerintah dan rakyat Tiongkok sedang berupaya keras memerangi wabah dan telah mencapai hasil positif. Saat ini, jumlah pasien yang baru terinfeksi di Tiongkok telah berangsur-angsur menurun selama beberapa hari berturut-turut, dan jumlah orang yang sembuh juga terus meningkat,” demikian disampaikan Kedubes.

“Dengan kepemimpinan pemerintah Tiongkok yang kuat, upaya bersama rakyat Tiongkok, dan dukungan dari Indonesia dan masyarakat internasional, Tiongkok memiliki keyakinan, kemampuan, dan kepastian untuk memenangkan pertempuran melawan wabah ini. Pihak Tiongkok akan terus menjunjung tinggi prinsip keterbukaan dan transparan serta secara aktif melakukan kerja sama internasional dengan pihak-pihak terkait termasuk Indonesia. Kami berharap dapat terus berjalan berdampingan dan bersama mengatasi kesulitan dengan pihak Indonesia,” tandas Kedubes Tiongkok.(dtk)