Tips Agar Tubuh Tetap Bugar saat Musim Hujan

Eramuslim.com – Kita tengah menjalani musim hujan. Udara dingin, hujan turun tak menentu, daya tahan tubuh melemah, dan risiko sakit terkena hujan semakin besar.

Beberapa penyakit sepert flu, demam, batuk, diare, dan lainnya dengan sangat bisa mengganggu aktivitas Anda. Maka dari itu, lakukan beberapa hal ini sehingga anda bisa tetap bugar di musim hujan.

1. Segera mandi dan keramas bila kehujanan

Bila tak sempat berteduh atau tak bawa payung, kemungkinan besar kepala anda terkena air hujan. Ketika hal demikian terjadi, segeralah mandi dan keramas. Sebab, air hujan sudah mengandung partikel-partikeel polusi.

2. Minum Air

Udara dingin saat musim hujan sering kali membuat kita bolak balik kamar mandi untuk buang air kecil. Sehingga, kita malas untuk minum untuk mencegah hal tersebut.

Padahal saat itu, tubuh membutuhkan pasokan air yang cukup banyak. Jadi, pastikan anda tetap mengonsumsi cairan setidaknya 1,5 liter setiap hari. Bisa juga diganti dengan minumaan hangat.

3. Jaga pola makan

Asupan makanan untuk tubuh tetap harus diperhatikan. Sering kali kita tergoda dengan beberapa makanan yang hangat seperti mi instan salah satunya.

Pastikan anda selalu mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi dengan cukup karbohidrat, lauk pauk, sayuran, dan buah-buahan. Tak hanya itu, perhatikan juga jadwal makan seperti sarapan, makan siang, dan malamnya.