Tito Minta Senior Tak Umbar Kritik untuk Polri di Publik

Eramuslim.com – Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian menghadiri acara Prosesi Wisuda Purna Wira Perwira Tinggi (Pati) di Auditorium PTIK, Jakarta Selatan, Rabu (17/7/2019).

Tito yang menyampaikan sambutan dalam acara tersebut, berpesan agar purnawirawan tak menyampaikan kritik yang ditujukan kepada Polri di luar.

Polri, kata Tito, tak alegri atau anti terhadap kritik. Namun demikian, lanjut mantan Kapolda Papua itu, kritik disampaikan ke internal agar tak menjadi isu yang bisa menciptakan polemik.

“Kami juga tidak antikritik, kami sangat yakin senior-senior juga ingin Polri baik, untuk itu kami sangat welcome dengan segala kritik,” kata Tito.

“Kalau ada hal buruk sampaikan ke internal dan kita akan upayakan cari solusi, jalan keluar, memperbaiki yang kurang baik. Kalau disuarakan di luar kurang baik, karena akan terjadi polemik seolah-olah Polri tidak baik,” ungkap Tito.

Tito mengatakan bahwa acara wisuda terhadap para anggota Polri yang telah purnawirawan tersebut rutin digelar.

“Hari ini kita melepas sebagai tanda perhormatan kita terhadap senior-senior yang telah purna,” ujar Tito dalam sambutannya.

Wisuda kali ini, diikuti 63 perwira tinggi Polri yang telah purna. Terdapat dua jenderal berbintang tiga yang telah purna, yaitu Komjen (Purn) Lutfi Lubihanto dan Komjen (Purn) Unggung Cahyono yang terakhir menjabat Kepaa Badan Intelijen dan Keamanan Polri.

Selain itu, terdapat pula 22 perwira tinggi berpangkat irjen dan brigjen.

Pada kesempatan itu, Tito pun mengucapkan terima kasih kepada para jenderal yang telah menunaikan masa baktinya itu.

“Dari institusi berterima kasih banyak pada senior, yang telah memberikan dedikasinya setelah lebih dari 30 tahun,” tuturnya.(mr/kvm)